7 Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap di HP Kita

Beberapa saat ini kita kerap mendengar mengenai kasus penyadapan HP yang cukup meresahkan. Hal itu jelas membuat kita ikut khawatir. Mengingat privasi kita dapat terganggu karena penyadapan tersebut. Nah untuk itu kamu perlu tahu cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP kamu. Berikut pembahasannya!

Cara mengetahui ada aplikasi penyadap di ponsel kita

Untuk mengetahui apakah ada aplikasi penyadap atau tidak di ponsel, kamu bisa mengeceknya melalui beberapa hal di bawah ini:

Baterai mulai bermasalah

Baterai ponsel yang mudah panas biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi dan konsumsi media yang dilakukan. Akan tetapi, tak jarang juga baterai cepat panas dikarenakan ada penyadapan pada ponsel. Maka dari itu, kamu perlu waspada jika baterai cepat habis padahal kamu jarang menggunakannya.

Penggunaan data seluler meningkat

Kedua, cara mengetahui ada aplikasi penyadap di smartphone ialah dengan melihat data seluler. Ya, jika penggunaan data seluler meningkat drastis padahal jarang digunakan, bisa jadi ada aplikasi penyadap.

Perlu diketahui, perangkat lunak berbahaya memang biasa menggunakan data seluler kamu untuk mengirim informasi. Informasi tersebut nantinya akan dikumpulkan ke sumber luar. Intinya data akan cepat habis dan penggunaannya meningkat drastis.

Terdapat aplikasi yang tidak pernah diinstall sebelumnya

Jika ternyata ada aplikasi yang berjalan di latar belakang padahal tidak pernah kamu install, hati-hati. Bisa jadi itu menjadi tanda adanya aplikasi penyadap di ponsel kamu. Selain itu, kamu juga perlu curiga jika terdapat iklan yang menggangu karena kemungkinan ponsel terserang malwere cukup besar.

Kinerja ponsel

Smartphone kamu mengalami kelambatan dalam kinerjanya? Xkbalaj untuk memeriksa aplikasi yang menggunakan RAM paling banyak. Caranya:

  • Untuk iOS : pergi ke pengaturan, klik opsi umum dan tap penyimpanan iPhone.
  • Untuk android : pengaturan, klik aplikasi dan geser ke menjalankan.

Nantinya kamu dapat melihat foto dan musik di dekat bagian atas menu daftar. Mulai dari sini kamu dapat melihat penggunaan aplikasi secara tepat. Jika ada suatu kesalahan kamu akan mengetahuinya dengan cepat.

Terdapat pesan aneh

Sering munculnya pesan gangguan, spam hingga adanya nomor yang tidak benar dapat menjadi sebuah peringatan. Terlebih jika terdapat pesan SMS baik berupa angka, karakter hingga simbol yang aneh. Bisa jadi semua itu menjadi tanda terdapat aplikasi penyadap di ponsel kamu.

Jika kamu tidak pernah mengirim pesan aneh, tapi teman atau keluarga mengaku mendapat pesan aneh dari kamu, berhati-hatilah. Bisa jadi ponsel kamu telah disusupi malwere. Intinya, adanya pesan aneh dapat menjadi indikasi adanya aplikasi penyadap di smartphone kamu.

Situs website yang sering dikunjungi terlihat berbeda

Cara mencari tahu adanya aplikasi penyadap di smartphone juga bisa dilihat dari tampilan website yang sering kamu kunjungi. Adanya aplikasi penyebab di ponsel kamu juga mampu mempengaruhi tampilan situs web yang sering dikunjungi. Hal itu dikarenakan mereka sedang menampilkan halaman palsu atau melacak apapun yang sudah kamu ketik.

Gunakan kode dial *#21#

Terakhir, kamu dapat menghubungkan kode dial. Cara ini hanya dapat digunakan oleh ponsel android. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka tombol telepon
  2. Ketik kode dial *#21#, *#67# atau *#62#.
  3. Klik icon panggil. Jika salah satu kode tak berhasil, coba kode yang lain.
  4. Tunggu hingga merinci sebuah “penerusan panggilan”.

Nantinya akan muncul panggilan suara, data, SMS, paket dan lainnya. Ponsel uang tidak diretas akan menampilkan “Tidak diteruskan”. Jika dikatakan “Diteruskan maka menjadi indikasi ponsel telah diretas.

Solusinya ialah kamu dapat mengetik ##002# di layar dual dan tekan kembali simbol dial. Nantinya layar harus menunjukkan”penghapusan berhasil”. Jika sudah berhasil maka kamu sudah berhasil memutus serangan siber.

Jadi itulah tadi ulasan mengenai cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP kita. Semoga ulasan di atas dapat menjawab keresahan kamu.

Tinggalkan komentar