Cara Cek Realme Bekas

Realme menjadi salah satu brand smartphone yang cukup populer di Indonesia. Brand gawai asal China ini sudah berdiri sejak tahun 2018. Bagi kamu yang ingin membeli ponsel Realme tentu saja selalu mengeceknya bukan? Terlebih jika ponsel tersebut bekas. Ada beberapa cara cek Realme bekas yang mudah untuk kamu praktekkan.

Sebelum itu, mengapa orang mau repot-repot membeli ponsel bekas? Seperti yang kita tahu, tak semua orang memiliki kemampuan finansial yang sama. Sehingga mereka sanggup membeli ponsel baru. Hal ini menjadi salah satu alasan utama banyak orang membeli smartphone bekas. Sangat masuk akal bukan alasan tersebut?

Lalu, apa pentingnya mengecek smartphone yang akan kamu beli? Hal itu sangat penting mengingat ada banyak smartphone Realme yang replika. Dalam artian smartphone tersebut tidak asli atau hanya tiruan. Agar tak tertipu kamu perlu tahu cara cek kondisi ponsel Realme yang sebenarnya. Yuk langsung saja disimak!

Hal penting yang perlu dicek kala beli smartphone Realme bekas

Ketika ingin membeli smartphone Realme, terutama yang bekas, kamu harus mengecek beberapa bagian dari ponsel. Apa saja? Berikut di antaranya ialah:

Cek layar Realme

Pengecekan layar smartphone menjadi hal yang sangat penting. Baik ketika kamu beli smartphone dalam keadaan baru maupun bekas. Pengecekan layar ini dapat kamu lakukan dengan mengikuti bebebcara langkah di bawah ini:

  • Bukalah menu telepon dan ketik kode *#808#. Nantinya secara otomatis akan langsung muncul menu untuk mengecek smartphone tersebut.
  • Jika ingin cek touchscreen maka kamu dapat menggeser menu tersebut ke sebelah kanan dan pilih device debuging.
  • Setelah klik piluhan tersebut, nanti akan muncul tiga menu, yakni: Handwriting, touchscreen auto test juga verification.
  • Nah kamu dapat memilih tiga menu tersebut guna mengecek layar ponsel tersebut.
  • Selanjutnya, untuk mengecek LCD ponsel kamu daat menggeser ke kanan. Lalu pilih menu LCD Realme.
  • Jika sudah,geser ke kanan dan pilih media debuging. Setelah itu, klik LCD test. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah atau perintah selanjutnya hingga selesai.

Setelah melakukan cek layar Realme bagian touchscreen dan LCD kamu dapat mengambil kesimpulan. Apakah memang masih baik-baik saja ponsel tersebut? Atau sebaliknya dan enggan membeli?

Cek IMEI Realme

Apa itu IMEI? Apakah penting? IMEI merupakan identitas bagi smartphone itu sendiri dan tentu saja penting. Melalui IMEI ini pula kamu dapat mengecek apakah smartphone tersebut palsu atau benar-benar asli. Jika smartphone tersebut palsu tentu saja IMEI tak akan terdaftar di Kemenperin. Lalu, bagaimana cara cek IMEI? Nah kamu dapat menggunakan tiga cara, yakni:

  • Cara pertama. Gunakan kode dial dengan membuka menu telepon dan mengetik kode *#06#. Nantinya akan langsung muncul nomor IMEI ponsel kamu.
  • Cara kedua. Gunakan menu pengaturan ponsel atau menu settings. Buka menu pengaturan telepom, klik about phone atau tentang ponsel. Jika sudah, pilih status untuk mengetahui IMEI Realme.
  • Cara ketiga. Lihat dusbox Realme jamu. Umumnnya pada dusbox sudah ada nomor IMEI Realme ponsel kamu.

Setelah cara cek IMEI Realme berhasil maka langsung cek ke website resmi. Yakni cek di https://IMEI.kemenperin.go.id/. Isi IMEI smartphone tersebut dan klik tombol pencarian. Ketika Realme tersebut asli maka akan muncul tulisan yang menyatakan IMEI memang terdaftar.

Cek garansi smartphone

Ketika ingin membeli smartphone bekas, garasi menjadi hal penting yang perlu dicek. Pasalnya, adanya garansi akan membantu kita kala terjadi kerusakan pada smartphone tersebut. Jika masa berlakunya masih ada tentu saja kamu dapat melakukan service secara gratis. Bagaimana cara cek garansi Realme? Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketahui nomor IMEI lebih dulu.
  • Pergi ke website https://www.realme.com/id/support/phonecheck.
  • Setelah terbuka, kamu bisa langsung memasukkan nomor IMEI dari smartphone tersebut.
  • Pilih cek sekarang.
  • Selanjutnya, kamu perlu melakukan proses validasi. Caranya hanya perlu menggeser gambar ke kolom yang sudah tersedia.

Setelah langkah-langkah di atas sudah kamu terapkan, nantinya akan muncul mengecek informasi lengkap smartphone tersebut. Misalnya saja informasi mengenai nomor IMEI, warna Hp juga waktu registrasi. Pada informasi waktu registrasi akan muncul kapan ponsel tersebut pertama kali diaktifkan. Kamu hanya perlu mencocokkan dengan masa garansi yang berlaku, apakah masa garansi susah lewat atau belum.

Membeli Realme bekas perlu mengecek masa garansinya? Tentu saja. Tujuannya ialah untuk mengetahui masa garansi Realme tersebut. Jika masa garansi berlaku tentu saja akan lebih baik. Mengecek masa garansi pada smartphone baru juga menjadi penting untuk mengetahui apakah Realme tersebut asli atau palsu.

Cek kamera Realme

Kamera menjadi salah satu fitur yang sangat menarik pada smartphone. Semakin baik tentu saja semakin membuat orang tertarik. Nah, jika ingin membeli Realme bekas jangan lupa untuk mengecek kameranya. Cara pengecekan kamera juga tidak sulit salam sekali. Caranya ialah:

  • Cobalah untuk akses enginer mode dengan menekan *#808# pada menu telepon.
  • Nantinya akan terbuka menu untuk melihat dan mengecek keadaan kamera. Apakah kamera tersebut masih dalam keadaan baik atau tidak.

Cek fitur bluetooth smartphone

Jika ingin membeli smartphone bekas jangan lupa untuk mengecek fitur bluetooth yang ada di dalamnya. Apakah memang masih bekerja dengan baik atau tidak. Langkah-langkah untuk pengecekannya ialah:

  • Buka menu enginer mode dengan pergi ke menu telepon.
  • Ketikkan kode dial berupa *#805#.
  • Setelah terbuka nantinyckamu dapat mengecek apakah bluetooth smartphone tersebut masih bekerja dengan baik atau tidak.

Cek jaringan Realme

Pengecekan jaringan pada ponsel bekas juga menjadi hal penting. Jaringan tersebut meliputi cek data seluler, Wi-Fi juga hotspot seluler. Bagaimana cara mengeceknya? Berikut langkah-langkahnya ialah:

  • Ketik kode dial *#*#232338#”#* pada menu telepon.
  • Nantinya terdapat menu yang dapat kamu gunakan untuk mengecek jaringan smartphone.
  • Baik untuk mengecek hotspot seluler, Wi-Fi juga data seluler.

Setelah pengecekan tersebut, kamu dapat menyimpulkan bagaimana jaringan pada ponsel tersebut bekerja. Kamu dapat menyimpulkan apakah jaringan tersebut memang bagus atau tidak. Sangat mudah bukan untuk mengeceknya?

Mengecek Realme bekas sangat penting untuk melihat apakah terdapat ada kerusakan atau tidak. Sebenarnya tidak hanya smartphone bekas melainkan smartphone baru juga penting untuk dicek detailnya. Jangan sampai kamu membeli ponsel bekas yang ternyata hanya barang rongsokan saja.

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak uang untuk membeli ponsel baru, lebih waspadalah dalam memilih ponsel. Jangan sampai kamu tertipu karena tak tahu bagaimana cara mengecek detail dari ponsel. Sudah baca bagaimana cara mengecek hal-hal penting dalam ponsel sebelumnya? Apakah membantu?

Demikianlah artikel mengenai cara cek Realme bekas yang aman untuk dibeli. Jangan beli smartphone tanpa mengeceknya lebih dulu ya. Jika tak ingin mendapatkan kerugian maka cek dengan teliti ya. Bagaimana, sudah mengecek dengan benar atau belum?

Tinggalkan komentar