Inilah Cara Cek Touchscreen Smartphone yang Tepat

Jika dahulu kita mungkin terbiasa menemukan smartphone dengan bantuan keyboard untuk menggunakannya. Di era ini, hampir semua smartphone menggunakan bantuan touchscreen untuk mengendalikannya. Hal ini tentu jauh lebih praktis dan dapat dikatakan fungsi dari touchscreen menjadi amat penting. Pentingnya fungsi touchscreen tentu membuat kita perlu tahu cara cek touchscreen smartphone yang tepat bukan?

Terlebih lagi jika kamu membeli ponsel second, tentu perlu melakukan pengecekan lebih teliti. Jika touchscreen rusak atau eror tentu dapat mengganggu kinerja sebuah ponsel. Selain itu, kamu juga menjadi tidak nyaman kala menggunakannya. Bagi kamu yang ingin tahu apakah touchscreen ponsel rusak atau baik-baik saja, maka kamu perlu mengeceknya.

Cara cek touchscreen smartphone tanpa aplikasi

Perlu diketahui, sebagian besar smartphone memang telah memfasilitasi penggunanya untuk mengecek kerusakan touchscreen dengan mudah. Kamu hanya perlu mengeceknya melalui kode dial khusus. Berikut cara cek dengan kode dial untuk beberapa merk smartphone.

Cara mengecek touchscreen smartphone Oppo

Pihak Oppo juga menyediakan kode dial khusus lho bagi penggunanya yang ingin mengecek kerusakan touchscreen. Untuk lebih jelasnya, ikuti beberapa langkah ini:

  • Masuk dan buka aplikasi telepon smartphone kamu.
  • Ketikkan kode dial yakni *#800# guna membuat engineer mode muncul.
  • Setelah engineer mode muncul pilihlah touchscreen. Nantinya akan muncul kotak-kotak, sentuh semua dan biarkan hingga berubah warna menjadi hijau. Selesai.

Perlu diketahui, touchscreen smartphone Oppo tak mengalami kerusakan jika semua kotak berwarna hijau. Tes menggunakan kode dial ini dapat kamu gunakan untuk semua merk Oppo.

Cara mengecek touchscreen smartphone Realme

Apakah kamu pengguna Realme? Salah satu fitur yang disediakan oleh pihak Realme ialah dapat mengecek touchscreen pada aplikasi bawaan smartphone. Bahkan melalui aplikasi tersebut kamu juga bisa mengecek keseluruhan hardware smartphone. Nama aplikasinua ialah Manajer Tlp. Untuk langkah-langkah menggunakannya ialah:

  • Masuk ke aplikasi bawaan smartphone Realme yakni Manajer Tlp.
  • Pilih pemeriksaan komponen(uji rutin).
  • Pilih deteksi sekarang.
  • Jika kamu ingin cek layar maka centang pada piluhan layar saja. Kemudian deteksi dan ikuti perintah selanjutnya.

Nah untuk cara ini dapat digunakan untuk semua versi Realme ya. Bagaimana, sudah pernah mencobanya?

Cara mengencek touchscreen smartphone Samsung

Perlu diketahui, smartphone Samsung juga memiliki kode dial khusus yang berfungsi untuk mengecek touchscreen juga. Nah untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah ini:

  • Masuk ke aplikasi telepon smartphone Samsung kamu.
  • Ketikkan kode dial *#0# dan masuk ke hardware test.
  • Jika sudah masuk ke hardware test, klik pilihan touch. Nantinya akan muncul kotak-kotak putih yang membentuk tanda silang juga persegi panjang.
  • Setuju atau klik bagian kotak-kotak tersebut hingga semuanya berubah menjadi warna hijau. Selesai.

Setelah melakukan pengecekan di atas dan kotak berwarna hijau maka bisa disimpulkan touchscreen aman dan normal. Nantinya touchscreen juga akan langsung menutup secara otomatis setelah mendeteksi tak ada kesalahan pada touchscreen.

Cara mengencek touchscreen smartphone Xiaomi

Cara cek touchscreen smartphone Xiaomi juga tak sulit. Mengingat tersebut dapat kode dial juga yang bisa berfungsi untuk mengecek touchscreen. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkahnya:

  • Bukalah menu telepon smartphone kamu.
  • Masukkan kode dial *#*#64663#*#*. Kode tersebut akan membawa kamu pada menu hardware test.
  • Ketika menu sudah terbuka, pilih touchpanel edge.
  • Tekan semua kotak hingga kotak menjadi warna hijau. Selesai.

Jika semua kotak tersebut berwarna hijau maka menjadi tanda jika touchscreen tak mengalami kerusakan. Akan tetapi, jika terdapat kotak yang tak berubah menjadi warna hijau, itu juga menjadi tanda terdapat masalah pada touchscreen. Cara ini dapat digunakan pada semua versi smartphone Xiaomi.

Cara mengencek touchscreen smartphone Vivo

Brand Vivo seakan juga tak ingin ketinggalan dengan brand smartphone lainnya. Smartphone yang satu ini juga menyediakan kode dial untuk mengecek touchscreen ponsel. Nah agar lebih mudah untuk mengeceknya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke menu telepon.
  • Ketik dan masukkan kode dial *#558# agar masuk ke hardware test.
  • Ketika sudah masuk menu hardware test, pilih opsi engineering test.
  • Setelah itu, klik engineering test 2.
  • Jika sudah, pilih opsi handwriting test. Nantinya akan muncul kotak putih yang membentuk tanda silang juga persegi panjang.
  • Sentuh bagian kotak-kotak tersebut hingga berubah menjadi warna hijau semuanya. Selesai.

Setelah langkah di atas kamu coba dan semua kotak berwarna hijau maka touchscreen dalam kondisi normal. Jika terdapat salah satu kotak yang tak berwarna hijau maka bisa disimpulkan terdapat kerusakan.

Cara mengencek touchscreen smartphone Asus

Cara cek touchscreen smartphone Asus juga tak kalah unik. Kamu juga bisa menggunakan kode dial khusus. Hanya saja kamu tidak menyetiknya di menu telepon. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke aplikasi kalkulator bawaan smartphone.
  • Setelah menu terbuka, ketikkan 12345+= untuk pergi ke menu hardware test.
  • Ketika menu hardware test terbuka, likhlah touch_test.
  • Lalu, tes dengan coretan-coretan. Selesai.

Ketika coretan dapat dilakukan pada layar maka bisa disimpulkan jika layar normal. Bagaimana, mudah bukan untuk melakukannya?

Cara cek touchscreen smartphone dengan aplikasi touchscreen

Cek melalui aplikasi touchscreen test

Aplikasi ini dapat kamu dapatkan di play store. Untuk cek dengan aplikasi ini tentu kamu harus mengunduhnya lebih dulu. Jika sudah, buka dan mulai tes. Sentuh kotak-kotak putih putih agar menjadi hijau. Jika semua hijau, maka aman. Perlu diketahui pula, size aplikasi ini juga cukup kecil hingga tak banyak memakan ruangan.

Cek melalui aplikasi multi touch test

Aplikasi yang satu ini juga bisa kamu unduh melalui play store. Di dalam aplikasi ini nantinya kamu dapat memilih tiga fitur untuk melakukan test. Apa saja? Berikut di antaranya:

  • Paint test. Tes ini dilakukan dengan cara menggambar untuk mengetes touchscreen.
  • Multi touch test. Tes yang satu ini dilakukan dengan cara melakukan beberapa sentuhan secara bersamaan.
  • Colour test. Tes yang satu ini dilakukan dengan cara cek keakuratan atau ketajaman warna.

Aplikasi yang satu ini dapat sangat membantu kamu untuk mengetahui kesehatan touchscreen lho. Bagaimana unik bukan?

Cek melalui aplikasi touch screen test

Aplikasi untuk cek touchscreen android ini juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi touch screen test. Nah, aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan dari play store. Nantinya kamu dapat melakukan tes dengan mencoret-coret touchscreen untuk mengetahui kesehatannya. Ketika kamu melakukan coretan dan terdapat bagian yang tidak bisa dicoret maka bisa dikatakan touchscreen bermasalah.

Jadi, bisa diambil kesimpulan bagian yang tidak bisa dicoret tersebut mengalami kerusakan. Akan tetapi, jika semua bagian layar bisa dicoret maka layar masuh aman dan normal. Mudah bukan penggunaannya?

Jadi itulah dua cara cek touchscreen smartphone yang dapat kita bahas. Baik menggunakan aplikasi atau tidak tentu sama-sama baik dan memiliki kelebihan masing-masing.

Tinggalkan komentar