Cara Mengatasi Mi4i Bootloop dengan Flashing

Produk Xiaomi memang cukup populer di Indonesia. Hal itu dikarenakan Xiaomi yang dianggap cukup mumpuni untuk digunakan meski harganya tak begitu mahal. Nah, apakah kamu pengguna seri Xiaomi Mi4i? Seri Xiaomi yang satu ini memang cukup menarik untuk digunakan. Sayangnya kadangkala masalah smartphone seperti Bootloop juga tak dapat dihindarkan. Tenang saja, pada ulasan ini kita akan bahas cara mengatasi Mi4i Bootloop.

Bagi orang-orang yang tinggal jauh dengan lokasi service smartphone tentu cukup panik kala mendapati ponsel mereka error. Meskipun begitu, jika masalahnya masuh seputar software maka masih bisa diatasi sendiri dengan Flashing atau install ulang filmware.

Apa itu Bootloop?

Bootloop merupakan istilah ketika smartphone tidak bisa booting. Sebenarnya, file system memang cukup sensitif terhadap kerusakan sehingga kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan Bootloop. Memang benar jika masalah ini sebenarnya bukan terjadi karena kesalahan kita. Bahkan masalah Bootloop sering terjadi tanpa sebab yang jelas.

Ketika smartphone kamu mengalami Bootloop maka ponsel tak akan bisa dioperasikan. Ya, smartphone, hanya akan hidup dan mentok atau berhenti di logo saja. Pastinya hal ini sangat merepotkan sekali bukan? Tak mengapa, kamu masih bisa mengatasinya dengan cara menginstal ulang filmware atau flashing.

Apa itu flashsing?

Flashing atau kita lebih kenal dengan istilah instal ulang merupakan sesuatu yang dapat dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah. Salah satunya ialah salah untuk mengatasi masalah Mi4i Bootloop.

Cara mengatasi Mi4i Bootloop

Untuk mengatasi masalah smartphone Xiaomi Mi4i yang mentok di logo juga tak begitu sulit. Berikut bahan dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Download filmware Mi4i(Ferari) lebih dulu.
  • Download Mi Flash Tool.
  • Download universal USB Driver.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan

  • Install universal USB driver lebih dulu di komputer kamu.
  • Install pula Mi Flash Tool pada komputer.
  • Buka Windows Explorer dan masuk ke folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash.
  • Jalankan proses atau program XiaoMiFlash.exe.
  • Pilih Clean all pada opsi di bawah MiFlash. Tujuannya ialah agar smartphone terhindar dari bug dan bersih.
  • Lakukan ektrak pada file filmware Mi4i ferrari di drive C:\XiaoMi\XiaoMiFlash.
  • Matikan smartphone. Tekan tombol volume basah dan tombilnpoer secara bersamaan. Tunggu hingga muncul MI Bunny.
  • Hubungi gkan smartphone Xiaomi Mi4i menggunakan kabel USB ke laptop maupun komputer kamu.
  • Pilih menu refresh agar Mi4i tersebut dapat terdeteksi oleh komputer kamu. Jika belum terdeteksi juga kamu dapat memulai ulang komputer lebih dulu.
  • Setelah terdeteksi, pilih flash. Tunggu prosesnya hingga selesai. Proses ini biasanya memakan waktu 15 sampai 20 menit. Jika sudah selesai akan muncul tulisan flash done.

Setelah proses flashing mi4i untuk atasi Bootloop sudah selesai, kamu bisa langsung melepas kabel USB. Lalu, hidupkan lagi smartphone tersebut dengan menekan tombol power untuk beberapa saat.

Berbagai alasan seseorang melakukan flashsing pada smartphone

Cara mengatasi masalah Bootloop pada smartphone Xiaomi Mi4i tidak sulit bukan? Nah setelah mengetahui hal itu, kita akan bahas pula alasan seseorang melakukan flashsing. Sebenarnya apa saja yang menjadikan proses flashing diperlukan? Beriky diantaranya:

Aplikasi di smartphone sering keluar tiba-tiba

Masalah aplikasi yang sering force close atau keluar tiba-tiba merupakan masalah yang sangat menyebalkan. Terlebih lagi jika kamu sedang asik mengetik atau sedang asik bermain game. Pastinya akan terganggu bukan?

Jika sedang mengetik lalu belum sempat menyimpan tulisan, itu akan menjadi bencana bukan? Nah jika sedang bermain game tentunya game tersebut tidak dapat dilanjutkan. Maka dari itu beberapa orang kerap melakukan flashsing untuk mengatasi masalah ini.

Membuat performa smartphone menjadi lebih baik

Alasan proses flashsing cukup penting kedua ialah karena dapat mengatasi smartphone yang memiliki penurunan performa. Dalam artian, smartphone Xiaomi Mi4i kamu dapat menjadi lebih baik performanya kala melewati proses flashing. Bagaimana, ingin membuat kinerja smartphone kamu lebih baik seperti awal-awal membelinya dulu? Lakukan flashing.

Menghilangkan virus

Sebagian orang juga memilih melakukan flashing karena ingin menghilangkan virus pada smartphone mereka. Terlebih lagi jika virusnya sudah cukup oarah, menggunakan factory reset juga tak akan cukup. Proses flashsing dapat membantu menghilangkan virus yang cukup parah pada smartphone.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi Mi4i Bootloop yang dapat kita bahas. Ingat, proses flashsing tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus menggunakan bahan-bahan yang cocok dengan smartphone.

Tinggalkan komentar