Cara Mengetahui IP WiFi Router, Mudah!

Mengetahui IP address WiFi router merupakan hal penting. Biasanya, IP address WiFi digunakan untuk mengganti password WIFI. Tanpa tahu berapa IP address-nya kamu tidak bisa mengganti password WIFI. Nah untuk itu bagi kamu yang sedang mencari cara mengetahui IP WiFi router sudah berada di artikel yang tepat. Yuk simak!

Apa itu IP address WiFi?

IP address WiFi merulakan baris angka biner yang berfungsi sebagai identitas hosting pada jaringan internet. Biasanya IP address berupa  angka dengan kode tertentu. Biasanya angka IP address terdiri dari 6 angka. Semisal 192.167.

Cara mengetahui IP address WiFi router

Sebenarnya untuk mengetahuinya kamu dapat melihat di bagian bawah casing router itu sendiri. Akan tetapi, ada beberapa cara lain untuk mengetahui IP address tersebut. Berikut beberapa caranya ialah:

Mencari tahu melalui Command Prompt

Cara mengetahui IP address WiFi router pertama ialah dengan perantara Command Prompt. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling simpel untuk mendapatkan rincian IP address. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard laptop atau PC kamu.
  2. Tunggu hingga program ‘Run’ terbuka.
  3. Masukkan ‘cmd’ di bidang kosong setelah program terbuka.
  4. Klik opsi ‘OK’. Nantinya kamu akan melihat program dengan background hitam. Itulah yang disebut dengan Command Prompt.
  5. Selanjutnya, ketik ‘ipconfig’ dan tekan tombol enter.
  6. Tunggu beberapa saat. IP address yang kamu cari terdapat di bagian ‘Default Gateway’.
  7. Masukkan IP address di bagian search bar browser.

Mengecek detail jaringan dalam PC

Cara mengetahui IP WIFI router kedua ialah dengan mengecek melalui jaringan PC yang ada. Perlu diingat, webelum menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah terhubung di jaringan internet maupun WIFI. Ya, cara ini dapat kamu gunakan jika tidak bisa menggunakan cara di atas. Berikut langkah-langkahnya untuk mengetahui IP address dengan cara ini:

  1. Pergi ke system tray.
  2. Lanjut klik menu Bar atau monitor yang muncul pada layar PC.
  3. Klik pilihan open network and sharing center.
  4. Setelah windows baru muncul, kamu dapat klik bagian link yang berwarna biru di sebelah ‘connection’. Perlu diketahui, nama link biasanya menyesuaikan dengan koneksi dalam jaringan PC kamu.
  5. Klik opsi details. Lihat IP address pada WiFi router, letaknya di sebelah’deafault gateway’.

Melalui android

Perlu diingat, untuk menggunakan cara ini kamu perlu memastikan android sudah terhubung dengan WIFI. Jika android tak terhubung dengan WIFI, cara ini tak bisa dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke pengaturan terlepon dan klik menu WIFI.
  2. Nanti akan muncul daftar jaringan WIFI yang terhubung. Klik jaringan yang sudah terhubung tersebut.
  3. Tunggu hingga muncul pop up tampilan properties WIFI.
  4. Pada tampilan pop up tersebut biasanya akan mjncul beberapa versi IP. Umumnya IPv4 dan IPv6.

Beberapa cara di atas tentu memiliki kemudahan masing-masing. Pilih cara yang setidaknya paling nyaman untuk kamu lakukan. Bagaimana, sudah menemukan cara terbaik menurut versi kamu? Coba saja terapkan.

Perlu diingat pula, IP address WiFi ini sifatnya sangat unik karena tidak sama satu sama lain. Hal itu terjadi untuk memperkecil kemungkinan jaringan menjadi error. Jadi antara IP address satu dengan yang lainnya tidak akan double.

Nah itulah beberapa cara mengetahui IP WIFI router yang dapat kamu coba. Sangat mudah bukan untuk diterapkan? Coba saja untuk membuktikannya.

Tinggalkan komentar