Cara Menghidupkan dan Mematikan HP Oppo

Apakah kamu pengguna smartphone Oppo? Seperti yang kita tahu, ada banyak fitur yang diberikan oleh smartphone tersebut. Sehingga kita dapat lebih nyaman menggunakan gawai tersebut. Agar smartphone lebih tahan lama dan awet salah satu hal yang perlu kamu ketahui ialah cara menghidupkan dan mematikan hp Oppo tersebut.

Bagaimana, apakah kamu sudah tahu caranya? Tenang, kita akan membahasnya secara lengkap pada ulasan kali ini. Disimak hingga selesai ya.

Cara menghidupkan hp Oppo tanpa tombol power

Seperti yang kita ketahui, terlalu sering menekan tombol power juga bisa membuatnya rusak. Pasti kamu juga merasa kerepotan bukan jika harus menyalakan layar yang gelap dengan tombol power secara berulang? Nah, kamu bisa lho menyalakannya tanpa tombol power. Bagaimana saja caranya? Berikut di antaranya ialah:

Gunakan fitur double tap to wake up

Ketika menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu mengetuk dua kali pada layar untuk menghidupkannya. Pastinya hal ini akan jauh lebih aman karena tidak akan merusak tombol power. Untuk cara mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah ini:

  • Masuk ke pengaturan smartphone atau ke menu settings.
  • Pilih gesture & motion.
  • Setelah itu, pilih screen-off gesture.
  • Lalu, aktifkan double tap to wake up.

Kamu tidak menggunakan bahasa Inggris dalam pengaturan ponsel? Tenang, kamu bisa mengikuti langkah ini:

  • Masuk ke menu setelan.
  • Pilih gerakan dan klik gerakan layar-mati
  • Aktifkan layar dengan cara klik dua kali.

Cara mematikan hp Oppo mudah

Tombol power yang rusak memang cukup menyulitkan kita kala menggunakan smartphone. Untuk itu kita perlu mencari alternatif cara mematikan hp Oppo jika tombol power rusak. Ya, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mematikan hp tanpa bantuan tombol power. Apa saja? Yuk disimak!

Gunakan tombol volume

Cara pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan cara memanfaatkan fungsi tombol volume. Ya, kamu bisa mengubah fungsi tombol volume layaknya tombol power. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tahap yang perlu kamu lakukan:

  • Unduh aplikasi power button to volume button ke smartphone kamu.
  • Tunggu proses install hingga selesai dan pasang.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Aktifkan pilihan enable/disable volime power. Pastikan jika sudah aktif dengan ditandai ikon-nya menyala.
  • Aktifkan pula pilihan boot dan screen off yang berada di bawah opsi sebelumnya.
  • Jika sudah melakukan beberapa langkah di atas kamu bisa langsung menulai ulang smartphone kamu.
  • Kamu bisa langsung coba menggunakan tombol volume untuk mengaktifkan dan menyalakan hp Oppo tersebut.

Gunakan mode pengaturan otomatis

Cara mematikan hp Oppo secara otomatis juga tak begitu rumit. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah tertentu. Apa saja? Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke pengaturan ponsel kamu lebih dulu.
  • Kemudian cari pilihan pengaturan lainnya pada menu pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih opsi pengatur waktu tugas. Nantinya di bawahnya kamu akan menjumpai pilihan tanggal dan waktu.
  • Nah kamu bisa langsung meng-klik dan atur jam atau hari. Jangan lupa untuk geser poin yang berada di sebelah kanan untuk mematikan atau menghidupkan smartphone tersebut.
  • Jika sudah aktif, maka smartphone kamu akan menjalankan tugas secara otomatis berdasarkan waktu dan hari yang kamu atur. Bagaimana, sangat mudah bukan untuk melakukan langkah-langkahnya?

Gunakan bantuan benda lain

Umumnnya salah satu masalah yang berkaitan dengan tombol power ialah tak dapat digunakan karena tombol kecil di dalamnya hilang. Jika kamu mengalami hal itu dapat menggunakan sebuah benda guna membantu menekannya. Bagaimana caranya? Caranya ialah:

  • Siapkan benda berupa jarum atau tusuk gigi.
  • Tekan benjolan pada tombol power tersebut. Nah cara ini akan langsung bekerja jika tombol power memang tak mengalami kerusakan.

Cara mematikan hp Oppo tanpa layar sentuh ini dapat kamu coba. Hanya perlu menyiapkan benda yang hampir di setiap rumah ada, yakni jarum atau tusuk gigi.

Cara mematikan hp Oppo yang hang

Mungkin kamu pernah berada di posisi, sedang memainkan hp lalu tiba-tiba layar macet dan tak bisa digerakkan? Kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai kondisi smartphone yang mengalami hang. Kondisi hang ini cukup membuat kita frustasi karena tidak dapat menggerakkan layarnya. Jikalau sudah begitu cara apa yang dapat kamu lakukan?

Jika dahulu, mungkin orang-orang dapat melepaskan baterai ponsel mereka dan langsung memasangnya kembali. Setelah memasangnya kamu dapat langsung menghidupkannya kembali dengan tomhol power. Akan tetapi, bagaimana jika smartphone kamu menggunakan baterai tanam? Otomatis kamu perlu mematikannya untuk membuat layar tersebut kembali seperti semula bukan?

Sudah tahu cara mudah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut? Nah, kita akan membahasnya secara gamblang pada bagian ini. Berikut cara-cara yang dapat kamu gunakan ialah:

Mulai ulang dengan menekan tombol power

Cara mematikan hp Oppo tanpa tombol power memang tidak efektif untuk mengatasi smartphone yang hang. Dalam artian, kamu tetap membutuhkan tombol power untuk membuatnya mati dan menyelesaikan masalah layar yang macet. Meski layar macet, kamu masih bisa mematikan ponsel dengan paksa lho. Nantinya kamu tak akan mendapatkan pemberitahuan seperti biasa.

Tidak akan muncul notifikasi ingin mematikan, memulai ulang atau apapun itu. Ponsel akan langsung mati begitu saja. Bagaimana caranya? Inilah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol power selama 10 hingga 15 menit. Setelah melakukan hal ini otomatis ponsel akan langsung mati.
  • Hidupkan kembali ponsel dengan tombol power.

Kami juga bisa menekan tombol power dan tombol volume secara bersama-sama jika hp tersebut tidak mati dengan tombol power. Meski cukup efektif, untuk lama penekanan tombol power sebenarnya bisa berbeda-beda untuk setiap smartphone. Jadi kamu perlu bersabar.

Tunggu baterai hingga habis

Cara mematikan hp Oppo lewat pengaturan memang tak akan dapat digunakan untuk hp yang sedang hang. Jika kamu memang tak tahu harus melakukan apa-apa, biarkan saja ponsel tersebut hingga baterainya benar-benar habis.

Jika sudah habis, kamu dspat kembali mengisi dayanya dan menyalakannya lagi. Meskipun begitu, cara ini dinilai tak efektif jika baterai kamu masih dalam keadaan cukup banyak. Dalam artian, waktu menunggu tentu saja lebih kama bukan?

Cek buku panduan smartphone

Setiap smartphone baru tentu saja biasanya dibekali dengan buku panduan bukan? Sudahkah kamu membaca buku panduannya? Nah, jika mengalami masalah hp hang seharusnya kamu membacanya lebih dulu.

Perlu diketahui, di dalam buku panduan biasanya ada banyak informasi penting yang dapat kamu gunakan. Bahkan, bagi orang yang cukup awam dengan android akan sangat terbantu dengan buku panduan tersebut.

Sebenarnya, cara mematikan hp Oppo yang hang sama sekali tidak sulit bukan? Hanya saja memang kebanyakan orang tidak tahu. Sehingga merasa panik jika tiba-tiba smartphone mereka hang.

Bagaimana, sudah mengambil buku panduan dan mencari solusinya? Segera ambil dan cari solusi masalah tersebut ya.

Demikian pembahasan mengenai cara menghidupkan dan mematikan hp Oppo yang dapat kita ulas. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua ya.

Tinggalkan komentar