Cek Hardware Xiaomi

Cek Hardware Xiaomi – Beberapa tahun ini xiaomi memang cukup menguasai pasar. Dapat dilihat dengan banyaknya pengguna xiaomi. Merk smartphone xiaomi memang cukup populer dikalangan masyarakat indonesia. Alasannya tentu saja karena xiaomi memiliki spek yang cukup mumpuni dengan harga yang tak mencekik. Nah pada pembahasan kali ini kita akan menyinggung cara cek hardware xiaomi.

Apa pentingnya mengetahui bagaimana cara cek kondisi hardware pada smartphone xiaomi? Sebenarnya mengetahui cara cek hardware hp bukan hanya untuk memastikan apakah hardware bekerja normal atau tidak. Melainkan untuk mengecek kerusakan pada smartphone xiaomi ketika kita hp bekas atau second.

Membeli smartphone dari tangan kedua atau second sebenarnya bukan hal aneh. Ada banyak orang yang memutuskan membeli hp second karena keterbatasan dana. Tak mengapa, lagi pula ada banyak orang yang menjual xiaomi bekas dengan kondisi hardware yang bagus.

Agar kita tak merasa ditipu ketika membeli xiaomi bekas, ikuti pembahasan cara cek kondisi hardware xiaomi di bawah ini yuk!

Cara cek hardware xiaomi via kode dial

Mengetahui kerusakan smartphone xiaomi via kode dial atau kode rahasia (engineering mode) memang menjadi salah satu fitur yang menarik. Selain menarik tentu saja fitur tersebut akan sangat memudahkan pengguna.

Nah untuk menggunakan fitur engineering mode, kamu dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu telepon/phone(dial number) pada smartphone xiaomi kamu.
  • Ketik kode dial berupa *#*#64663#*#*.
  • Tunggu menu selanjutnya muncul. Uji kerusakan smartphone xiaomi secara manual dengan memilih menu “Single Item Test”.
  • Nantinya akan muncul berbagai pilihan menu yang dapat dicoba satu-persatu untuk mengetahui kondisi hardware.

Penjelasan menu yang muncul ketika ingin uji kondisi hardware

Ketika mengecek kondisi hardware xiaomi dengan kode dial, nantinya akan muncul beberapa menu. Menu tersebut dapat dicoba satu-persatu, bergantian untuk tahu kerusakan harware. Berikut nama menu dan penjelasannya:

Key

Menu ini digunakan untuk mengecek kerusakan hardware tombol hp xiaomi. Baik tombol power, tombol volume, back hingga tombol options. Ketika kamu tekan menu key dan layar mengalami perubahan warna, maka artinya tak ada masalah pada tombol hp.

Back light

Menu back light ini dapat kamu gunakan untuk mengecek lampu latar yang memiliki tingkat kecerahan berbeda-beda. Plih dan gunakan menu ini untuk memilih kecerahan sesuai mata kamu.

SIM Card

Untuk mengetahui apakah ponsel xiaomi yang akan kamu beli masih bisa menangkap sinyal atau tidak, gunakan menu ini. Selain itu, kamu juga bisa mengetes apakah ponsel masih bisa membaca kartu atau tidak dengan menu SIM Card ini.

Touch Pal

Menu touch pal ini digunakan untuk mengecek layar baik LCD maupun touchscreen hp. Biasanya menu ini digunakan untuk menguji sensitivitas pada layar.

Bluetooth

Bagi kamu yang ingin mengecek kondisi hardware smartphone xiaomi yang berhubungan dengan koneksi blueotooth dalam mengirim file, gunakan menu ini.

Vibration

Mengecek sehat atau tidaknya hp juga bisa dengan menguji getarannya. Pilih menu ini untuk tahu apakah getarannya tersendat atau tidak. Jika tersendat maka smartphone bermasalah.

Speaker

Menguji speaker hp juga menjadi hal penting. Untuk itu, gunakan menu ini untuk mendengarkan kejernihan dan kejelasan suara yang keluar dari lubang speaker.

Receiver

Umumnya ketika terdapat pembertahuan atau notifikasi pada ponsel, smartphone akan mengeluarkan suatu bunyi. Coba cek bunyi tersebut menggunakan menu receiver ini untuk mengetahui apakah hp kamu baik-baik saja atau tidak.

Headset

Untuk mengetahui kerusakan suara headset hp xiaomi, kamu dapat menguji menu ini. Jika suara yang dihasilkan terdengar jernih maka tak ada keruskan, sebaliknya.

LED

Ingin mengetahui apakah lampu LED yang biasa menyala ketika ada email atau pesan masuk rusak atau tidak? Gunakan menu LED ini.

FM

Untuk mengetahui apakah gelombang radio pada hp xiaomi masih bekerja normal atau tidak, klik menu ini.

Camera

Pada menu kamera ini kamu dapat menguji kamera utama. Semua fitur kamera utama smartphone xiaomi dapat dicek apakah bekerja normal atau tidak dengan menu camera ini.

Battery

Mengecek apakah baterai ponsel xiaomi rusak atau tidak menjadi hal penting. Gunakan menu ini untuk melihat informasi secara akurat tentang baterai ponsel. Apakah masih bagus atau sudah perlu diganti.

Wifi

Ketika menu wifi diklik maka otomatis wifi akan menyala. Intinya menu wifi dapat kamu gunakan untuk menguji kinerja fitur wifi pada ponsel.

Torch

Menu torch ini dapat digunakan untuk menguji LED flash kamera belakang. Jika menu di klik dan lampu menyala, maka noral dan bagus.

GPS

Nah untuk menu GPS ini tentu saja berfungsi untuk mengetes seberapa akurat sinyal GPS di wilayah atau daerah tempat tinggal kita.

G_sensor

Pastinya kamu pernah mencoba memiringkan hp kamu dan otomatis layar menjadi lanscape? Begitu pula ketika hp diberdirikan maka layar menjadi potrait. Nah menu G_sensor ini untuk mengecek apakah sensor bekerja mendeteksi perubahan orientasi pada layar dengan baik atau tidak.

No Gyro

Cara cek hardware dengan kode dial akan membuat kamu menemukan menu No Gyro. Cara kerja Gyro sama yakni mendeteksi perubahan orientasi pada layar.

Proximity Sensor

Ketika telepon masuk, secara spontan kita akan mengangkat dan mulai mendekatkan ponse ke telinga. Ketika itu pula biasanya layar akan mati. Hal itu sebenarnya dikarenakan sensor yang mendeteksi jarak dekat. Coba gunakan menu ini untuk cek normal atau tidaknya sensor.

Jadi itulah tadi pembahasan cara cek hardware xiaomi dengan kode dial beserta penjelasan menu pada layar yang muncul kala mengecek dengan engineering mode. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *