Originally posted on Juni 20, 2022 @ 10:10 PM
Toyota Camry bagi Amerika Serikat seperti Maruti Dzire bagi India. Namun di India, kedua mobil ini bertolak belakang. Sementara Dzire adalah sedan terlaris di negara ini dan dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, Camry melayani mereka yang mencari mobil mewah dan hanya menjual sekitar 100 unit per bulan. Sebaliknya, Dzire menjual lebih dari 10.000 eksemplar setiap bulan. Kesenjangan besar ini bermuara pada penetapan harga.
Mari bicara harga
Toyota Camry – dalam bentuk hybrid – berharga sekitar Rs 22 lakh ($27.000 hingga Rs. 80/USD). Di Amerika Serikat, hampir semua orang dan pamannya mengendarai Camry karena Camry merupakan mobil yang andal, terjangkau perawatannya, dan tentu saja relatif murah. Di India, mobil yang sama berharga Rs 50,53 lakh, membuatnya dua setengah kali lebih mahal daripada rekan Amerika-nya. yang memberi? Pajak.
Baca Juga: Sketsa Eksterior Sedan Skoda Slavia Premium Resmi Terungkap
Camry tidak sepenuhnya dibuat di India, melainkan dirakit di sini melalui kit Completely Knocked Down (CKD) yang diimpor. Pemerintah India memungut pajak besar-besaran untuk semua mobil yang tidak seluruhnya dibuat di India.
Berapa harganya adalah Pajak?
BANYAK! Izinkan kami untuk membongkarnya untuk Anda.
Toyota harus terlebih dahulu membayar bea masuk 15% untuk mobil yang diimpor ke India melalui rute kit CKD. Misalkan biaya kit CKD adalah Rs 20.000.000. Setelah bea masuk, kit CKD biaya Rs 23 juta. Kemudian pemerintah mengenakan pajak lain berupa I-GST (Pajak Barang & Jasa Terpadu), sebesar 18%. Dan Toyota bahkan belum mulai membuat mobil.
Setelah mobil dibuat dan dikirim keluar dari pabrik, pemerintah mengenakan pajak lain: GST. Kali ini, GST mencakup 2 elemen. Komponen 1 adalah pajak 28% (Bracket GST tertinggi sejak mobil diklasifikasikan sebagai barang mewah). Karena Camry adalah mobil yang cukup besar dengan mesin di atas 1500cc, pajak 15% lainnya berlaku untuknya. Ini membawa total GST menjadi 43% dan biaya Camry menjadi 38,8 lakh.
Mobil kemudian meninggalkan pabrik dan menuju ke showroom, di mana Anda, pelanggan, membelinya. Ketika Anda membeli Camry, Anda harus membayar pajak besar lagi. Pajak jalan! Sementara negara bagian yang berbeda di India mengenakan pajak jalan yang berbeda, pertimbangkan saja Delhi – ibu kota negara – untuk saat ini. Delhi membebankan pajak jalan sekitar 10,6% yang menaikkan biaya mobil menjadi Rs 42,9 juta. Anda kemudian memiliki biaya lain untuk ditanggung seperti pengumpulan pajak pemotongan (TCS) 1% dan asuransi (sekitar Rs. 2 lakh). Harga mobil duduk di sekitar 45,3 lakh. Mobil mewah seperti Toyota Camry dan Skoda Superb menjadi lebih mahal sekitar 120% sebelum sampai di tangan Anda, pembeli.
Harga Mobil Import CBU
Dalam kasus mobil yang sepenuhnya diimpor sebagai unit yang dibangun sepenuhnya (CBU), pajaknya bahkan lebih tinggi. Hanya bea masuk untuk mobil-mobil ini yang ditetapkan 100%. Dan banyak pajak lainnya lebih tinggi dari bea masuk. Sekarang Anda tahu mengapa begitu banyak mobil mewah yang dijual di India melebihi angka 1 crore rupee.
Baca juga: 10 Mobil Desain DC dan Penampilannya di Dunia NYATA: Maruti Swift hingga Mahindra XUV500